SELAMAT DATANG DI BLOG " GANESA SCOUT " UPTD SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO KEDIRI

Gambar Scout

Gambar Scout

Senin, 28 Maret 2016

HARI FILATELI

Filateli adalah hobi mengumpulkan perangko dan benda-benda pos lainya seperti Sampul hari pertama, dan Sebutan Filatelis adalah orang yang menggemari atau mengumpulkan hanya satu jenis koleksi saja semisal : mengkoleksi prangko seri Satwa saja.


Peringatan Hari Filateli Indonesia berawal dari para kolektor perangko pada tanggal 29 Maret 1922 berkumpul di Batavia yang sekarang di sebut Jakarta mendirikan klub filateli dengan nama "Postzegelverzamelaars Club Batavia". Perkumpulan ini menjadi wadah gerakan terorganisasi secara nasional di wujudkan dalam pembentukan "Nederlandsch Indische Vereeniging van Postzegel Verzamelaars" tanggal 15 Agustus 1940 sebagai lanjutan "Postzegelverzamelaar Club Batavia" dan berkedudukan di Jakarta.

Sesudah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia nama perkumpulan diubah menjadi "Algemene Vereeniging Voor Philatelisten In Indonesia" pada tahun 1953 menjadi Perkumpulan Umum philateli Indonesia. Tahun 1965 menjadi Perkumpulan Philatelis Indonesia (PPI) dan akhirnya dalam tahun 1985 menjadi Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI). Selamat Hari Filateli ke 91 Tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar