SELAMAT DATANG DI BLOG " GANESA SCOUT " UPTD SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO KEDIRI

Gambar Scout

Gambar Scout

Kamis, 17 September 2015

MAKSUD DAN TUJUAN PRAMUKA


Salam Pramuka..!!!!!

Mungkin banyak sekali teman - teman pramuka kita yang tidak tahu, apa sih maksud dan tujan pramuka itu..... ???? dan kenapa pramuka itu juga diwajibkan di sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) .... ????
Ayo kita lihat ..!!!


MAKSUD DAN TUJUAN PRAMUKA .
Dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Bab II Pasal 4 :

  • Gerakan Pramuka didirikan dengan maksud memberi wadah pembinaan generasi muda yang menggunakan prinsip dasar metodik pendidikan kepanduan . Adapun pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan , kepentingan dan perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia .
  • Gerakan pramuka membina dan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan tujuan agar mereka menjadi : 
  1. Manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur yang mempunyai : a) tinggi mental, moral, budi pekerti, dan kuat kenyakinan beragamanya. b) tinggi kecerdasan dan ketrampilannya. c) kuat dan sehat jasmaninya.                                              
  2. Negara Negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, Setia dan Patuh kepada NKRI. Serta menjadi anngota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri, serta mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan negara. 
Atas dasar analisa uraian diatas, maka dapatlah ditegaskan bahwa Gerakan Pramuka dengan proses pendidikan Kepramukaan, bertujuan untuk membangun warga negara Indonesia yang ber-Pancasila, berwatak luhur, cerdas, terampil, kuat dan sehat serta mampu menyelenggarakan pembangunan.

Pramuka itu sangat bagus untuk membentuk karakter pada diri kita .....
Makanya, sering - seringlah ikut latihan kepramukaan, agar terbentuk karakter yang baik dalam diri kita....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar