SELAMAT DATANG DI BLOG " GANESA SCOUT " UPTD SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO KEDIRI

Gambar Scout

Gambar Scout

Selasa, 03 Mei 2016

Sejarah Unik Yang Berkaitan Dengan Seragam Pramuka

Pramuka selalu identik dengan seragam berwarna coklat. Seragam bewarna coklat muda untuk atasannya, dan berwarna coklat tua untuk bawahannya. Para pramuka akan selalu nampak keren dan berwibawa bila berjalan dengan menggunakannya. Teringat beberapa tahun lalu ketika saya sendiri masih aktif dalam kegiatan kepramukaan, seringkali saya bertanya kepada senior-senior dan kakak pembina saya mengenai alasan dipilihnya warna coklat sebagai warna seragam pramuka.

 Gambar Seragam Pramuka
Kenapa tidak menggunakan warna yang lebih berani seperti merah, warna yang ceria seperti kuning, atau warna yang melambangkan kesucian seperti hitam? kenapa harus mengambil warna coklat muda dan coklat tua?.  Beragam jawaban dan kisah pun saya peroleh. Mulai dari yang agak ngelantur, hingga ke cerita yang kurang lebih memiliki landasan sejarah yang kuat. Akan tetapi saya akan mencoba menguraikan dua pendapat atau kisah yang terkenal mengenai sejarah seragam pramuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar